PARMA KEMBALI BERLAGA DI SERI A

08 June 2018

 Parma Calcio 1913 kembali ke Serie A Liga Italia dengan dramatis setelah mengalahkan Spezia 2-0 di Stadion Alberto Picco dalam pertandingan terakhir kompetisi Serie B, Sabtu (19/5).

Tiket promosi ke level elite Liga Italia sejatinya masih bisa diperebutkan tiga klub hingga laga pamungkas Serie B. Ketiga klub itu adalah Frosinone, Parma, dan Palermo.

Kemenangan atas Spezia menjadikan Parma berhak atas tiket kedua atau terakhir untuk lolos otomatis ke Serie A 2018/2019. Dalam pertandingan lainnya Frosinone ditahan imbang 2-2 Foggia, sedangkan Palermo yang menang 2-0 atas Salernitana tidak bisa mengerjar poin Parma.

Meski Frosinone memiliki poin yang sama dengan Parma (72), tetapi klub berjuluk Gialoblu itu unggul selisih gol. Sementara satu tiket lainnya dimiliki Empoli yang menjadi pemuncak klasemen.

Parma kembali ke Serie A setelah tiga tahun terdegradasi. Juara Piala UEFA (sekarang Liga Europa) dua kali itu tidak saja turun ke Serie B tetapi juga terjerembab ke Serie D lantaran memiliki hutang lebih dari €100 juta atau sekitar Rp1,6 triliun.

Parma sempat dua kali mengalami pengurangan poin karena gagal membayar gaji pemain dan juga staf mereka. Presiden klub, Giampietro Manenti, juga ditahan akibat penipuan dan pencucian uang.

Kendati demikian pelatih Parma, Roberto D'Aversa, percaya timnya telah bangkit dari masa kelam dengan kembali ke Liga Italia pada musim depan.

"Ada kepuasan dari apa yang para pemain telah capai, karena tidak semua orang bisa kembali ke Serie A dalam waktu yang cukup singkat. Pada momen ini, kami harus menikmati promosi ini. Masa kelam membantu kami menjadi semakin kuat," kata D'Aversa seperti yang dikutip dari Footbaal Italia.

 

SOURCE : cnnindonesia.com