SPOTIFY UJI VERSI LITE

05 July 2018

 Spotify meluncurkan aplikasi yang ramah memori dan penggunaan data alias versi Lite. Versi lite ini khusus diluncurkan bagi penggguna Android

Serupa dengan aplikasi versi lite lainnya, aplikasi ini meluncur agar pengguna Android yang memiliki memori ponsel dan paket data yang terbatas tetap bisa menikmati lagu-lagu dari layanan streaming musik ini. 

Sebab, ukuran file aplikasi ini hanya seperenam (15 MB) dari ukuran file aplikasi Spotify versi utuh yang mencapai 100 MB. Ukuran file yang mungil ini tentu akan sangat menghemat memori ponsel, sehingga pengguna tak perlu menghapus aplikasi-aplikasi esensial lain demi mendengarkan Spotify.

Untuk membantu pengguna mengendalikan penggunaan data untuk streaming musik, Spotify Lite juga punya fungsi untuk melacak penggunaan data yang telah digunakan tiap bulannya.

Tapi, seiring dengan menyusutnya ukuran file tentu akan berimbas pada susutnya juga fitur yang disediakan aplikasi lite ini. Berdasarkan penelusuran Android Police, aplikasi ini tidak memiliki pilihan untuk mendengarkan musik secara offline

Selain itu, pengguna Lite juga sepertinya tak bisa memilih lagu sendiri, sehingga harus pasrah dengan pilihan musik yang diputarkan oleh Spotify. Bahkan pengguna Spotify Premim pun tak bisa melakukan penyimpanan lagu dan memilih lagu sendiri. Spotify Premium adalah sebutan untuk pengguna yang membayar biaya berlangganan layanan Spotify. 

Versi Lite ini juga tak memiliki fungsi Connect. Ini adalah fitur untuk menghubungkan smartphone pengguna ke perangkat lain. Misal untuk mendengarkan lagu yang diputar di aplikasi Spotify di bluetooth speaker atau televisi. 

Namun aplikasi ini sepertinya belum diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. Saat ini Spotify Lite baru diuji coba di Brazil. 

Fitur-fitur yang meluncur pada versi beta di Brazil itu masih mungkin akan berubah saat Spotify merilisnya secara resmi ke seluruh dunia. 

"Di Spotify, kamu secara rutin melakukan tes untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa dari tes tersebutt disebarkan untuk pengguna dan beberapa lainnya menjadi pelajaran penting. Kami tidak akan memberikan komentar spesifik pada pengetasan ini," jelas juru bicara Spotify kepada TechCrunch, Senin (2/7).

Spotify Lite bukanlah aplikasi pertama yang diluncurkan untuk membantu pengguna menghemat data untuk streaming musik. Sebelumnya, Spotify sudah meluncurkan mode konsumsi data rendah untuk aplikasi utamanya.

source : cnnindonesia.com