Ngantuk banget di Kelas ?

15 January 2015

Siapa yang tidak pernah merasa ngantuk? Rasanya tidak mungkin ada yang mau tunjuk tangan jika dilontarkan pertanyaan ini dan mengatakan bahwa ia tidak pernah mengatuk. Mengantuk adalah hal yang lumrah dalam hidup kita. Akan tetapi rasa kantuk itu bisa menjadi masalah besar jika rasa kantuk itu datang bukan pada waktu yang tepat. Misalnya pada saat kita belajar di kelas dan rasa kantuk itu datang. Belajar jadi tidak fokus. Disamping itu konsentrasi belajar kita menjadi buyar.

beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh para murid di kelas agar kita tetap terjaga atau tidak mengantuk pada saat kita sedang belajar di kelas.

1. Membuat catatan
Pada saat kita berhadapan dengan guru yang membosankan, misalnya sang guru hanya mengajar dengan melakukan metode ceramah terus menerus tanpa melibatkan para siswa untuk berpartisipasi atau aktif di kelas. Solusi yang menurut saya baik sekali untuk dilakukan oleh sang murid agar tidak merasa mengantuk atau bosan di kelas yaitu dengan membuat catatan. Ambil buku tulis, dengarkan penjelasan sang guru tentang mata pelajaran yang sedang ia jelaskan, kemudian catatlah hal-hal yang menurut kamu penting. Dengan ini saya yakin kamu tidak akan mengantuk. Malahan jika kamu bersedia membuat catatan yang berisikan rangkuman poin-poin penting dari penjelasan sang guru, kamu akan memperoleh resapan ilmu yang baik.

2. Berpartisipasilah di kelas
Jika berada di dalam kelas, jangan hanya diam saja dan menjadi pendengar sejati. Jangan sungkan-sungkan untuk mengangkat tangan dan bilang maaf pak/ibu, ada yang ingin saya tanyaka. Jika si guru bertanya, jangan malu-malu untuk menjawab.

3. Jangan terlalu banyak meminum minuman atau makan makanan yang manis
Jika kita minum minuman yang manis dan makan makanan yang manis terlalu banyak akan membuat gula darah kita meningkat dan akan membuat kita lebih mudah untuk merasa lemas dan capek. Coba perhatikan jika setelah waktu istirahat, kita pergi kekantin dan makan minum yang banyak. Kemudian kita kembali kekelas untuk belajar, biasanya bawaanya ngantuk. Hal ini dikarenakan asupan makan yang kita makan tersebut terlalu banyak dan dengan kadar gula yang tinggi.

4. Jangan begadang malam harinya.
Hal yang penting diperhatikan adalah apa yang kita lakukan pada malam harinya. Jangan begadang jika tidak ingin mengantuk di sekolah.

5. Jika teman-teman merasa mengantuk di kelas, gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa agak hangat. Kemudian tempelkan ke mata. Dengan ini mata akan terasa hangat dan mudah-mudahan ngantuknya jadi hilang.

6. Tips yang satu ini tergolong simple, konyol dan lucu. Jika teman-teman mengantuk di kelas, lihat sekeliling kelas dan cari sapa tau ada teman lain yang juga ngantuk. Kamu lihatin dia, saya yakin kamu akan senyum-senyum dan gak jadi mengantuk. Hahaha.

7. Ada yang bilang makan permen sambil belajar. Waduhsebenarnya cara ini jitu sekali. Akan tetapi jika ketauan sama guru atau dosen, habis kita. Jadi boleh makan permen tapi jangan sampai ketauan dan dengan catatan pikiran, mata dan pendengaran tetap ke pelajaran.

8. Jika rasa kantuk itu sudah tidak bisa ditahan lagi, saya sarankan permisi keluar sebentar. Tapi ingat, jangan permisi pergi kemusholla atau ke kantin dan tidur. Melainkan cara air dan cuci muka kalian.

9. Beruntung yang punya pacar satu kelas. Hehehe biasanya gak akan pernah ngantuk di kelas. Tetapi biasanya gak konsen belajar. Yang ada selalu ingin melihat kearah kecengannya. Hahahaha. Jadi cara ini lebih baik gak usah di lakukan. (Gak boleh dilakukan tapi kok di masukin yanomor 9 pula hehehe)

10. Sering-sering olah raga. Jika ada waktu luang pada sore hari, pergilah berolah raga. Misalnya meraton atau naik sepeda.